Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat Teknologi Informasi

Di era globalisasi ini tentunnya orang-orang sudah tidak asing lagi dengan teknologi informasi. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari teknologi informasi di berbagai bidang diantaranya :

  • Di bidang pendidikan :

dengan adanya teknologi informasi, kita bisa memperoleh segala informasi yang dibutuhkan.Selain itu juga kita bisa memperoleh pengetahuan tanpa harus bertatap muka secara langsung misalnya melalui video, tutorial atau dengan teknologi informasi memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.Contohnya aplikasi canvas ini, kita bisa saling terhubung antara dosen dengan mahasiswa, seperti kuliah pada umumnya ada tugas-tugas, pengumuman, nilai, quis dll.

  • Di bidang ekonomi :

Teknologi informasi juga bermanfaat dalam bidang bisnis, sudah banyak yang sukses karena teknologi informasi. Sekarang bisnis menggunakan teknologi informasi itu sangat menguntungkan hanya dengan menggunakan teknologi seperti internet, kita dapat mempromosikan bisnis anda secara online (E-commerce). Contohnya online shop , dengan online shop kita bisa menawarkan produk kita secara praktis dan cakupannya luas.

  • Di bidang kesehatan :

Teknologi informasi banyak diaplikasikan di bidang medis. Banyak rumah sakit menggunakan sistem informasi untuk menangani transaksi yang berhubungan dengan karyawan, dan pasien. Sebagai contoh, sistem informasi digunakan untuk mencatat rekaman medis pasien secara elektronis. Teknologi informasi juga banyak diterapkan pada berbagai peralatan medis. Contohnya pada CT scan (computer tomography). CT scan adalah alat yang mampu memotret tubuh bagian dalam manusia tanpa perlu melakukan pembedahan. Peralatan ini menggambungkan teknolohi informasi dengan teknologi sinar – X

  • Di bidang perbankan :

dalam dunia perbankan teknologi informasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening bisa dilakukan secara online dan mempercepat transaksi keuangan .

Terima Kasih ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s