Pengelolaan Diri

JATI DIRI UNSOED

f1300-unsoedPENGELOLAAN DIRI

Pedoman Pengelolaan Diri

1 Mempertahankan Keseimbangan Hidup

2.2 Memahami Pilihan-pilihan Anda

2.2.1 Kalau anda Faktual dan Terorganisir anda mungkin akan menjadi orang yang sangat bertanggung jawab.

2.2.2 Kalau anda Faktual dan Spontan anda akan sangat berorientasikan tindakan

2.2.3 Kalau anda Intuitif dan Analitis anda selalu mempunyai banyak ide.

2.2.4 Kalau anda Intuitif dan Simpatik anda akan sangat berorientasikan orang dan ingin membantunya mengembangkan potensi mereka.

Cara anda untuk mengisi kembali tenaga anda.

2.1.4 Suka Berkelompok atau Menyendiri

Cara yang lebih anda sukai untuk memproses informasi dan membuat keputusan.

2.1.3 Analisis atau Simpatik

Cara yang lebih anda sukai untuk menerima informasi.

2.1.2 Fakultual atau Intuitif

Cara anda untuk bereaksi terhadap kehidupan pada umumnya.

2.1.1 Terorganisir atau Spontan

Preferensi anda merupakan hal yang anda sukai untuk anda kerjakan. Dengan mengenali preferensi, anda dapat mengetahui bidang yang cocok bagi anda. Ada empat set preferensi dasar.

2.1 Menyusun Preferensi Anda

Pengaturan diri meliputi tindakan memahami cara yang anda sukai untuk melakukan pekerjaan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kehidupan dan pekerjaan anda, anda perlu memahami cara yang anda sukai dalam bekerja.

2 Memahami Diri Sendiri

Tidak mempunyai tujuan dalam bekerja dapat menjadi suatu masalah besar. Anda hanya sibuk mengatasi pelbagai masalah yang muncul. Akan tetapi, hal yang tidak dikenal seringkali tampak menakutkan hanya karena tidak dikenal, sehingga godaannya kembali ke jalan yang tanpa tujuan.

1.6 Kurangnya Kesadaran Mengenai Arah Kehidupan

Tak satupun dari hal diatas  merupakan pengaturan yang baik. Keadaan anda akan menjadi lebih sulit dalam jangka panjang.

– Makan makanan yang tidak menyehatkan badan sebagai usaha untuk menyamankan diri

– Minum minuman beralkohol

– Mengabaikan masalah dengan harapan masalah itu akan berlalu

– Menyalahkan orang lain atau keadaan

Ada tiga bidang pengaturan dalam mengatasi tuntutan kehidupan, yaitu 1) Kehidupan kerja, 2) kehidupan keluarga, 3)kehidupan pribadi. Ketiganya jarang berada dalam harmoni. Kalau dapat mengatasi dua dari tiga bidang diatas, maka dianggap cukup berhasil.

1.1 Memikul Terlalu Banyak Tanggung Jawab

Menumpuknya tanggung jawab yang dibebankan kepada anda, disebabkan karena anda dianggap mampu. Menerima terlalu banyak pekerjaan dapat mencegah anda untuk mengatur diri dengan baik. Anda harus memutuskan tanggung jawab yang bisa anda terima untuk meringankan beban anda.

1.2 Terperangkap Kebiasaan

Bekerja secara rutin dapat membuat anda terperangkap dalam kebiasaan. Seandainya anda memang menyadari bila terperangkap dalam kebiasaan, usaha yang anda lakukan untuk mengubah rutinias akan tampak berada di luar jangkauan.

1.3 Mengatasi Masalah Dengan Tidak Baik

Cara mengatas masalah merupakan hal yang sulit ditentukan. Kurang teraturnya organisasi diri merupakan gejala dari suatu kenyataan bahwa anda menghadapi masalah dengan tidak baik. Anda perlu mengorganisir diri anda dengan lebih baik. Langkah selanjutnya memutuskan apakah pekerjaan anda sekarang memang ingin anda kerjakan.

1.4 Menyadari Stres

Kalau anda belum mengorganisir diri anda dengan sangat baik, mungkin anda bekerja dengan kondisi stres tanpa menyadarinya. Tanda-tanda stress mencerminkan perilaku anda.

1.5 Mengatasi Solusi yang Salah

3 Bersikap Efektif

Untuk dapat mengatur diri secara efektif anda harus mandiri dalam mendefinisikan tujuan dan menetapkan apa yang anda kerjakan.

3.1 Melakukan Pemeriksaan

Untuk mengatur diri dengan baik, anda harus memeriksa keadaan anda saat ini, dan mengidentifikasikan tujuan serta harapan yang ditumpukan terhadap anda.

3.2 Menentukan Arah Anda

Untuk menentukan arah, anda memerlukan suatu pendekatan yang tersturktur,

3.2.1 kehidupan Pribadi Anda, hubungan anda dengan teman, keluarga dan rekan.

3.2.2 Kehidupan Kerja/Studi Anda, apa yang ingin anda capai dalam karier/profesi/studi anda.

Pikirkanlah seberapa mudah atau sulitnya mencapai kedua hal itu. Bila kesulitan mencapai keduanya, mungkin anda menyusun tujan yang tidak realistis. Kalau anda mencapai beberapa hal dengan usaha yang sedang, anda akan merasa bahwa anda dapat mengendalikan hidup anda.

3.3 Membatasi Tanggung Jawab Anda

Pisahkan berbagai tanggung jawab yang siap anda pikul dan tanggung jawab yang sudah tidak siap anda pikul lagi.

3.4 Beradaptasi Terhadap Perubahan

Sikap mau beradptasi merupakan bagian yang penting dari pengaturan diri. Dengan semakin berkurangnya rasa takut terhadap perubahan, anda akan menjadi lebih menerima ide dan situasi baru.

3.5 Bersikap Teratur

Organisasi diri mudah dicapai dengan cara berikut.

3.5.1 Menggunakan buku harian anda sebagai pencatat informasi.

3.5.2 Rapi.

3.5.3 Menyimpan barang sejenis dalam satu tempat.

3.5.4 Melakukan pembersihan secara teratur.

3.5.5 Merapikan meja anda pada waktu pulang.

3.5.6 Menyimpan persediaan cadangan untuk barang yang penting

3.5.7 Membuat daftar periksa harian dan menandai hal yang sudah selesai dilakukan

3.5.8 Menggunakan daftar periksa yang tetap untuk kegiatan rutin.

Dengan bersikap teratur, anda tidak lagi terjerat oleh pelbagai hal yang tidak relevan  dan membuat anda tetap bekerja secara produktif.

4 Memegang Kepemimpinan

Untuk mengatur diri, anda perlu memegang kepemimpinan atas diri anda dan membuat segalanya menjadi kenyataan. Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk dapat melakukannya.

4.1 Menghargai Diri Sendiri

Mulai dengan standar yang sederhana. Dengan memenuhi standar yang anda tentukan sendiri anda tidak hanya mendapat penghargaan terhadap diri sendiri, tetapi juga mempertahankannya.

4.2 Mempertegas Diri

4.2.1 Mendapatkan Hal yang Anda Inginkan Sesuai Cara Anda

Anda tidak perlu merasa bersalah bahwa anda telah mendapatkan apa yang anda minta. Terimalah seolah bal itu memang hak anda.

4.2.2 Berkata ‘Tidak’

Memberikan respon dengan mantap namun tidak agresif, anda akan melihat bahwa semua itu akan semakin berkurang; terutana karena anda telah menunjukan bahwa anda menghargai waktu dan diri anda juga.

4.2.3 Bersikap Gigih

Seringkali bukan orang yang terpandai yang paling berhasil, tetapi orang yang gigih bekerja keras yang mencapai hasil spektakuler.

4.2.4 Mengatasi Stres

Ada cara ampuh untuk mengatasi stres, yaitu melakukan kegiatan fisik, bercakap-cakap dan bergaul, menyusun rencana. Sekecil apapun kegiatan tersebut, efeknya dapat segera dirasakan, anda akan mendapati bahwa hal itu akan menjadi suatu kegiatan.

5 Bergaul Dengan Orang Lain

Bergaul baik dengan orang lain merupakan suatu keterapmpilan. Dalam hal ini, orang tertentu dapat lebih berhasil dibangding yang lain. Salah satu langkah utama memperbaiki hubungan anda dengan orang laion adalah menilai bagaimana anda memandang mereka.

5.1 Perilaku Anda Terhadap Orang Lain

Anda dapat memandang diri anda sebagai saya baik, dan saya tidak baik. Anda dapat memandang orang lain sebagai mereka baik dan mereka tidak baik.

5.2 Anda Mempunyai Pilihan

Cukup jelas bahwa sikap yang paling konstruktif dalam bergaul dengan orang lain adalah pilihan ‘saya baik – mereka baik’. Dengan mengetahui bahwa anda mempunyai pilihan, anda dapat mengatur diri anda.

5.3 Kekuatan Perilaku Anda

Melalui perilaku andalah orang lain dapat menilai anda. Singkat kata, kalau anda menyenangkan dan sopan, hampir semua orang akan memberikan respon yang serupa kepada anda.

6 Hidup Secara Positif

Dengan memiliki filsafat yang dapat membuat anda merasa cukup sejahtera, sangat menentukan cara yang anda ambil untuk mengatur diri.

6.1 Bersikap Positif

Anda dapat menentukan cara anda berpikir sebagai berikut.

– Tetap bersikap tenang

– Melupakan hal-hal yang buruk

– Carilah segi kebaikannya

– Cerialah

– Pandangilah kesulitan sebagai tantangan atau peluang

6.2 Mengurus Diri Sendiri

Kalau anda mengatur diri sendiri secara positif, mengurus diri anda merupakan satu bagian penting dari proses itu. Semuanya tentang mendapatkan pengetahuan mengenai diri sendiri yang mendalam.

6.3 Menjalani Hidup yang Seimbang

Pada waktu anda bekerja dengan konsisten, anda perlu memberi izin kepada diri sendiri untuk mengambil cuti. Dengan berusaha memisahkan pekerjaan da kesenangan, anda kan merasa lebih mampu mengendalikan kehidupan anda, bukannya justru didominasi.

7 Pengendalian Diri

Ada dua kelompok sifat yang perlu diperhatikan, yakni kelompok sifat yang tercela yang harus dihindari dan sifat-sifat terpuji yang harus selalu di upayakan. Sifat-sifat tercela yang harus dihindari yaitu iri hati, dengki, sombong, membanggakan harga diri, pemarah, riya, kikir, nafsu, menjelekan teman, adu domba, malas, suka berdusta, pembual.  Sementara sifat terpuji yang harus kita miliki antara lain pemaaf(taubat), hati-hati(cermat), sederhana, sabar, syukur, ikhlas(rela), tawakal, disiplin, rindu Tuhan, Ingin mati.

 

sumber : http://catatanjoshua.blogspot.com/2011/11/jati-diri-unsoed-bab-5-pengelolaan-diri.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s