Bagaimana Cara Pandang Masyarakat tentang Adanya Dakwah yang Menekankan pada Retorika yang Baik Saja ?

         Menurut H.M Arifin “dakwah adalah suatu kegiatan ajakan baik dalam bentuk lisan, tulisan, tingkah laku dan sebagainya yang dilakukan secara sadar dan berencana dalam usaha mempengaruhi orang lain baik secara individu maupun secara kelompok agar supaya timbul dalam dirinya suatu pengertian, kesadaran,sikap,penghayatan serta pengalaman terhadap ajaran agama sebagai massage yang disampaikan kepadanya dengan tanpa adanya unsur unsur paksaan”.

          Masyarakat memang mengharap perubahan kearah yang lebih tau, tidak heran jija dakwah selalu identik dengan hal yang baik. Retorika dakwah adalah ketrampilan menyampaikan ajaran islam secara lisan guna memberikan pemahaman yang benar agar dapat dengan mudah menerima seruan dakwah islam yang karenanya pemahaman dan perilakunya dapat berubah menjadi lebih baik .

          Menurut masyarakat itu hal yang wajar, karena tujuan dakwah adalah mempengaruhi agar timbul suatu pengertian, kesadaran, sikap, penghayatan untuk melakukan hal yang baik. Mengubah pola pikir dan kebiasaan yang tidak baik agat lebih terarah kepada hal yang seharusnya.

          Jadi pada dasarnya, menurut cara pandang masyarakat, dakwah memang menekankan pada kebaikan meskipun tidak selalu dengan cara atau penyampaian yang menggambarkan kebaikan tapi tetap pada ujung pembahasan tentunya mengarahkan untuk hal yang baik.

sumber : efennurfiana.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s